Kopi Kawa alias Teh Daun Kopi

KOPI terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan m...





KOPI terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. 

Di Indonesia industri kopi dalam 10 tahun terakhir terus bergairah dengan semakin bertambah dan meningkatnya produksi kopi olahan yang dihasilkan oleh industri pengolahan kopi. Pun semakin suburnya Cafe dan Coffee Shop di kota-kota besar.

Produk kopi olahan saat ini tidak hanya berupa kopi bubuk (roast and ground) tetapi telah terdapat berbagai diversifikasi produk kopi olahan seperti kopi instant, kopi three in one, minuman kopi dengan berbagai rasa seperti vanilla, cocoa, dan lainnya; belum lagi di cafe dan coffee shop dengan berbagai minuman kopi olahan selain espresso juga Latte, cappucino dan lainnya.

Peningkatan konsumsi kopi domestik Indonesia, selain didukung dengan pola sosial masyarakat dalam mengkonsumsi kopi, juga ditunjang dengan harga yang terjangkau, kepraktisan dalam penyajian serta keragaman rasa dan citarasa yang sesuai dengan selera konsumen.

Kita pasti sudah sering mencicipi berbagai jenis kopi seperti kopi robusta, arabika, dan lain sebagainya. Kita juga kerap kali mencicipi berbagai jenis teh, ada teh hitam, teh hijau, teh melati, dan beberapa jenis teh lainnya.

Lalu bagaimana dengan perpaduan dari keduanya, yaitu teh yang berasal dan dibuat dari daun kopi? Kini dalam lingkup kecil diversifikasi produk kopi olahan juga berupa seduhan daun kopi. Tak pelak, diversifikasi berupa olahan daun kopi cukup mencengangkan dan menjadi pilihan penting mengingat pemanfaatan dari tanaman kopi berupa daun kopi masih belum maksimal.

Bagi penikmat kopi mungkin tidak pernah terpikirkan bahwa selain bijinya, daun kopi ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan minuman. Selain memiliki aroma dan rasa yang tak kalah sedap, daun kopi juga memiliki banyak manfaat yang berguna bagi tubuh kita.


Kenikmatan Teh Daun Kopi

Mungkin sebagian dari Anda tidak familiar mendengar teh yang terbuat dari daun kopi. Pasalnya, teh ini mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Teh yang terbuat dari daun kopi memang belum banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Namun bagi warga Eropa, teh tersebut dikonsumsi tiap hari sebagai alternatif.

Di berbagai daerah di Indonesia masyarakatnya sebenarnya sudah sejak lama mengenal dan menikmati teh daun kopi. Minuman teh daun kopi sudah akrab bagi masyarakat di Jawa, Kalimantan dan Kerinci serta Sumatera Barat.

Di Jawa Timur dahulu daun kopi biasa diminum sebagai pengganti teh, dengan cara merendam daun kopi yang telah dipanggang sampai kecoklatan kedalam teko yang berisi air panas.

Inilah minuman yang sedang in di berbagai daerah saat ini: kopi yang diolah dari seduhan daun kopi yang sudah disangrai sebelumnya. Minuman yang di daerah Sumatera Barat dikenal dengan sebutan Kawa Daun ini makin marak. Dengan gampang kita akan menemukan kafe-kafe di pinggir jalan raya yang umumnya terbuat dari bambu, dilengkapi kursi dan balai-balai, tempat menyeruput minuman ini.

Di Sumatera Barat misalnya, daun kopi sering juga disebut teh kawa atau kopi kawa daun. Apa itu kawa daun? Kawa artinya kopi, dari bahasa arab qahwah. Jadi kawa daun adalah minuman yang dibuat dari seduhan daun kopi. Seperti teh, daun kopi yang diseduh dengan air panas, dan bukan dari bijinya.

Cara menikmatinya juga tak biasa: memakai tempurung alias batok kelapa, dengan ditemani gorengan. Sambil bersila di atas balai-balai bambu seraya dihembus angin sepoi-sepoi dingin pegunungan, sungguh kenikmatan tak terkira bagi penggemarnya.


Karakter Cita Rasa Teh Daun Kopi

Aroma teh daun kopi akan sangat terasa sesaat setelah diseduh. Aroma merupakan sensasi rasa yang berbentuk gas yang tentunya dapat menguap dan lesap. Itu sebabnya mengapa kita tidak dapat menangkap aroma kopi dalam keadaan suhu seduhannya menurun. Namun aroma dari teh daun kopi senantiasa akan terus terasa meskipun suhu seduhan menurun.

Acidity atau keasaman dalam takaran terukur adalah karakter lain dari teh daun kopi. Dalam bahasa sederhana acidity maksudnya adalah rasa cerah dan segar dari seduhan teh daun kopi.

Berikutnya adalah flavors yakni cita rasa yang mengiringi rasa dan akan tersimpan dalam memori kita bagaimana kekhasan rasa dari sebuah seduhan teh daun kopi.

Dibanding teh atau kopi yang diolah dari bijinya, maka teh daun kopi memiliki ciri apa yang disebut dengan aftertaste, yakni rasa yang terus diingat oleh orang yang meminumnya dalam waktu lama.

Rahasia Pucuk Daun Kopi

Tanaman kopi kalau dibiarkan saja dari kecil hingga besar menyulitkan pemeliharaan dan pemungutan hasil. Disamping itu produksinya pun akan berkurang. Oleh karena itu pemangkasan adalah salah satu segi di dalam rangka pemeliharaan perlu dilaksanakan.

Daun kopi hasil pangkasan banyak yang terbuang-buang begitu saja sehingga perlu muncul ide baru untuk proses pemanfaatan lebih lanjut. Daun kopi biasanya berasal dari pemangkasan batang pohon kopi yang mengandung pucuk dan daun muda dan dapat dikembangkan menjadi minuman teh daun kopi yang menyegarkan yang mengandung bahan yang bermanfaat.

Para peneliti pun akhirnya tertarik mencoba cara baru untuk membuat teh, yang terbuat dari daun kopi. Dan hasilnya adalah rasanya ternyata sangat nikmat, tetap menghadirkan cita rasa kopi dan ternyata punya manfaat lebih.

Selama ini, daun kopi tidak dihiraukan karena semua orang berfokus pada biji kopi. Setelah menganalisis 23 spesies tanaman kopi, ilmuwan menemukan banyak manfaat kesehatan di dalamnya. Mereka berharap minuman terbaru ini bisa mengalahkan khasiat kesehatan dari kopi atau teh hijau.

Setelah diteliti ternyata teh baru ini mengandung senyawa antioksidan tingkat tinggi. Peneliti menyimpulkan bahwa pada tanaman kopi ditemukan manfaat kesehatan yang sangat besar.

Para ahli berharap bahwa penemuan baru ini yaitu teh dari daun kopi akan terbukti menjadi persaingan yang ketat untuk berbagai varietas kopi, teh hitam dan teh hijau di Inggris. Teh ini pada dasarnya memiliki kandungan kafein yang sedikit daripada kafein yang terdapat dalam kopi atau teh.

 TEH DAUN KOPI  TRIDAWA

Teh daun kopi TRIDAWA adalah produk minuman yang diolah dari daun kopi dengan orientasi menjadi merek terpercaya (trusted brand) yang mengedepankan merek ini berdasarkan kesungguhan tentang pemahaman dan pemanfaatan daun kopi Indonesia bukan hanya sebagai komoditas semata.

Teh daun kopi TRIDAWA menciptakan produk untuk memaknai rangkaian proses yang penting untuk dilakukan dengan benar dalam mengolah daun kopi sehingga memiliki citarasa tinggi dan khasiat bagi kesehatan.

Minuman Berkelas

Teh daun kopi atau kopi kawa daun, begitu khalayak menyebutnya, kini menjelma menjadi minuman paling digemari karena aroma kopi yang begitu khas serta manfaat yang dirasakan dari mengkonsumsinya.

Modernisasi kopi  telah menjadi gaya hidup. Cara baru menikmati kopi  merupakan bentuk revitalisasi budaya. Ketika tingkat hidup masyarakat semakin sejahtera, akan selalu mencari cara untuk mengangkat tradisi dalam kehidupan modern.

Begitupun menyangkut tradisi minum kopi dengan segala macam perkembangannya, bisa diterima masyarakat karena Indonesia memiliki sejarah panjang tentang kopi. Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, tradisi minum kopi di Indonesia sudah dikenal sejak lama dan terus berkembang hingga kini.

Di sejumlah kawasan di Sumatera Barat, misalnya daerah Tanah Datar atau di wilayah Payakumbuh dan sekitarnya, kedai kopi yang mengusung konsep modern terus bermunculan. Namun kopi yang ditawarkan adalah kopi yang diseduh dari rendaman daun kopi yang sudah disangrai sebelumnya.

Meski bukan barang baru, namun tetap menawarkan cita rasa yang  yang menarik, kedai-kedai kopi tradisional hingga modern ini berlomba-lomba menyajikan minuman daun kopi yang dikemas sebagai minuman berkelas.
Strata Industri kopi dan teh dalam negeri sangat beragam, dimulai dari unit  usaha  berskala  home  industry  hingga  industri  kopi  berskala multinasional.

 Produk-produk  yang  dihasilkan  tidak  hanya  untuk mengisi pasar di luar negeri, namun juga untuk memenuhi kebutuhan konsumsi  kopi  dalam  negeri.
 
Hal  tersebut  menunjukkan  bahwa konsumsi kopi di dalam negeri merupakan fakta sosial, budaya  dan ekonomi masyarakat. Namun ketersediaan kandungan kopi yang mendukung hidup sehat belumlah memadai. Maka Teh Daun Kopi Tridawa menjadi pelopor untuk minuman sehat yang diproduksi dari olahan daun kopi.      
                                                                                                
Manfaat dan Berkualitas  
              
Saat ini telah muncul kecenderungan masyarakat di berbagai belahan dunia untuk melirik manfaat teh daun kopi dan menjadikannya sebagai konsumsi harian. Hal ini disebabkan karena tumbuhnya kesadaran untuk memperoleh sumber asupan nutrisi dari tumbuh-tumbuhan seperti daun kopi  demi mendapatkan kualitas kesehatan yang lebih baik. 
      
Anda yang ingin merasakan cita rasa dan manfaat seduhan teh dari daun kopi tersebut kini bisa mencoba manfaatnya. Sebuah terobosan ilmiah baru yang tidak biasa telah ditemukan. Kini  telah ditemukan minuman utama berupa teh yang terbuat dari daun kopi yang jauh lebih sehat daripada keduanya diminum secara terpisah.

Berangkat dari spirit menemukan sesuatu yang baru melalui kreativitas yang tiada henti, kehadiran Teh Daun Kopi Tridawa juga tak terlepas dari hal tersebut.

Disajikan dalam versi modern dengan balutan teknologi pengolahan terkini, dan Teh Daun Kopi Tridawa diproduksi oleh perusahaan besar dalam industri teh yakni PT Sariwangi. Berbagai penyempurnaan telah dilakukan untuk mendapatkan cita rasa yang pas dan tetap memiliki kandungan yang bermanfaat.

Produk ini juga dikemas dengan cita rasa kemewahan namun tetap mencitrakan sebagai produk yang membumi. Teh Daun Kopi Tridawa boleh dikatakan sebagai teh daun kopi yang datang dari keaslian budaya bangsa dan menyeruak ke tengah-tengah masyarakat modern.

Kehadiran Teh Daun Kopi Tridawa sebagai teh daun kopi tidak semata-mata melengkapi tradisi kopi kawa yang terus berkembang. Tetapi produk ini menjadi sesuatu yang baru dengan cara penyebutan serta pengemasan yang baru: Teh Daun Kopi.



    
Jika  Anda pernah menikmati minum kopi yang dibuat dari seduhan daun kopi yang sudah disangrai sebelumnya secara tradisional, maka Teh Daun Kopi Tridawa dihantarkan ke gelas Anda dengan kemasan yang modern.

Modern dan Praktis   

Modernisasi menikmati teh daun kopi atau kopi kawa  menjadi gaya hidup,  merupakan bentuk revitalisasi budaya. Dalam hal ini adalah tradisi minum kopi atau minum teh, dengan Teh Daun Kopi Tridawa tradisi tersebut terus dijaga.

Boleh dikatakan bahwa kami terus mencari cara untuk mengangkat kekayaan tradisi bangsa dalam kehidupan modern.

Pengemasan olahan daun kopi seperti  teh celup diciptakan dengan semangat kepraktisan sekaligus menjaga kemewahannya. Dikerjakan di bawah keterampilan dan kecanggihan perusahaan multinasional, Teh Daun Kopi Tridawa benar-benar hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk cita rasa sekaligus beragam manfaat.

Demi menjaga produk ini agar benar-benar pantas menjadi seduhan Anda sehari-hari, daun kopi yang diolah benar-benar berasal dari petikan daun kopi yang baik.

Yang   dimaksud   dengan   petikan   adalah  panen   yang dilakukan  dengan memetik    daun-daun    yang    cocok    untuk pengolahan.   Tentu saja pemetikan yang benar  adalah untuk   mendapatkan produksi     daun   muda    yang    mempunyai     kualitas    maupun kuantitas  sebaik-baiknya   serta  memenuhi   syarat-syarat   untuk pengolahan.

Tak hanya mementingkan cita rasa di lidah, Teh Daun Kopi Tridawa juga fokus mengutamakan bagaimana produk ini berada di tangan Anda dengan sepenuh rasa bangga serta kemewahan yang disandangnya.  Begitupun manfaat yang dapat Anda serap bagi kesehatan diri Anda sendiri maupun keluarga.

Tim kreatif Teh Daun Kopi Tridawa berkomitmen tinggi dan berhati-hati untuk menciptakan kemasan produk ini agar saat sampai di hadapan Anda, ia akan serta merta menunjukkan keindonesiaan kita. Inilah produk asli bangsa  yang diilhami oleh warisan kreatif nenek moyang.

Keseriusan dan kehati-hatian itu tergambar dalam pilihan warna, pernak-pernik, huruf serta ornamen yang kami hadirkan pada kemasan untuk menjaga nilai-nilai seperti yang sudah disebut sebelumnya.

Dengan semua elemen yang kami upayakan agar sempurna saat berada  di hadapan Anda, Teh Daun Kopi Tridawa akan menjadi pendukung perjalanan sukses Anda. Ragam manfaat, baik dari sisi kesehatan maupun secara sosial dan budaya semuanya kami persembahkan bagi siapapun yang percaya bahwa kreativitas, kerja keras dan berpijak pada akar budaya akan membawa kita pada kebaikan.

 
[Oce Eka Satria, Penikmat Kopi Kawa]
image
Support media ini melalui Bank BRI- 701001002365501 atau Bank OCBC NISP - 669810000697
Nama

abdel,2,abu janda,1,Aceh,3,Ade Armando,1,Advertorial,2,Aisyah Istri Rasulullah,1,Akik,31,akmil,1,Alex Noerdin,1,alfa scorpii,3,Alip Ba Ta,1,Alipbata,1,Alquran,1,Alumni IPB,2,alumni SMAN91,6,amril mukminin,1,Anak,14,Anies Baswedan,11,Anwar Ibrahim,1,arab indonesia,1,arief budiman,1,arist merdeka sirait,1,arteria dahlan,1,Artikel,21,Azis Syamsudin,1,Azrul Ananda,1,Azyumardy Azra,2,Bahasa,2,Bandung,2,banjir,3,Barcelona,1,Batam,3,Baznas,1,Bea Cukai,1,Bengkalis,15,beruang madu,1,bill gates,2,Birokrasi,48,BLT,4,Bola,23,bpjs,7,Budaya,19,Buku,10,bulog,1,Buruh,22,buruh china,3,Buya Gusrizal,1,buzzer,6,Capres,1,Cek Fakta,27,citilink,1,Covid-19,164,CPNS,2,CPO,1,csr,1,cuaca,3,Curhatan Bisnis,6,Daerah,48,daihatsu,1,dapodik,1,debt collector,1,deksametasone,1,Demonstrasi,15,Disclaimer,1,diskriminasi,1,dita,1,doni monardo,1,DPD IPK,1,Dumai,4,Duniasiana,2,Ekonomi-Bisnis,78,enggano,1,facebook,2,farid gaban,6,Fashion,1,Fikih,10,Film,9,FPI,18,Gajah,3,Gaza,8,Golkar,1,gubernur kepri,1,Gus Yaqut,1,Habib Rizieq,5,haji,12,HAM,7,hamas,1,Hantavirus,1,hasril chaniago,1,Herbal,6,Hiburan,3,HijrahFest,1,Hoax,7,honorer,1,Hukrim,163,Hukum,40,IBMT Surabaya,1,ijp,29,IKASMANSAPAPA,4,indonesiana,35,Inhu,3,Internasiona,10,Internasional,72,Investigasi,26,Islam,91,Izet,1,Jakarta,6,Jalan Tol,1,Jasa Raharja,1,Jawa Timur,6,john kei,1,joke,1,jokowi,14,judi,1,Juventus,2,Kabar Mualaf,3,Kaltim,1,Kampar,22,Kampus,51,Kanal All Amin,57,kapolres,12,Karet,1,Karhutla,22,kawasaki,1,Kece,1,Kehutanan,17,kejagung,1,Kejari,1,Kelelakaan,1,Kesehatan,68,kisah nyata,7,konflik lahan,9,Kopi,5,Korupsi,35,KPAI,7,KPID,1,KPK,7,Kriminalita,33,Kriminalitas,28,Kuansing,12,Kuliner,24,lakalantas,1,leasing,3,Lifestyle,10,Liga Eropa,18,liga indonesia,3,Lingkungan,29,lion air,1,Literasi,1,liverpool,2,lobster,2,Makassar,2,mamah dedeh meninggal,1,Maradona,1,Medan,1,Media,79,Melayu,2,Meranti,6,Messi,1,mesum,2,migas,15,Migor,3,Militer,43,Minang,12,motogp,1,MTQ,1,muannas alaidid,1,Musik,4,Nadiem Makarim,6,Narkoba,63,NASA,1,Nasional,67,Nasrul Abit,1,new normal,2,News,259,Oce Satria,1,Olahraga,17,Omnibus Law,9,otomotif,19,Padangpanjang,3,Pajak,4,paleka,2,Palestina,1,Papua,11,Parkir,1,Parpol,2,PBNU,1,pedagang kaki lima,2,pedofil,1,Pedoman Siber,1,Pekanbaru,31,Pelalawan,3,Pelecehan Seksual,1,pemilu,21,Pendidikan,38,Pensiun,1,Perbankan,5,Perda,1,perikanan,2,Peristiwa,83,peristiwa. hanyut di sungai,1,Perspektif,131,Pertamina,7,Pertanian,7,petronas,1,piala dunia,3,pilgubri,13,pilkada,11,pindang,1,PKI,5,PKS,9,Pledoii,1,Polda Riau,7,Polisi,40,Politik,96,Polres Rohul,1,Pontianak,1,Porprov X Riau,1,PPDB,1,PPKM,1,prabowo,4,prakerja,4,Properti,4,psikologi,2,PSSI,5,Puan,1,pulai anak air,1,PWI,3,Quran,2,radikalisme,2,Ramadan,1,Redaksi,1,Riau,93,Rocky Gerung,1,Rohil,2,Rohul,4,rokok,3,rokok luffman,1,Ronaldo,2,rossi,2,RPP,1,rsud,7,Sambo,4,samsat pelalawan,1,Sastra,5,Satbrimobriau,1,Satwa,1,sawit,4,Sejarah Islam,12,Selebritas,31,sensus,1,sepakbola,4,Seri A,1,sex,1,Siak,4,sigit yuwono,1,Slank,1,Sosok Tanjak,90,Sport,61,Suarez,1,Sumbar,52,Surabaya,3,susi pujiastuti,4,Syamsuar,4,Tabir Kehidupan,1,Tanah,1,Tanjak TV,5,tarif listrik,2,Tekno,45,televisi,4,telkomsel,1,Tempo Doeloe,83,tengku zul,1,Tentang Kami,1,THR,3,Tips,9,TKA China,1,tkw,1,Transportasi,7,Trayek,1,triomacan2000,3,Trump,1,UAS,3,uin suska,1,Unand,1,unik,10,Unri,2,uu cilaka,1,Vaksinasi,3,Viral,24,waterpark,1,Wisata,20,yamaha,7,YLKI,5,Yogyakarta,1,Zakat,2,
ltr
item
tanjakNews.com: Kopi Kawa alias Teh Daun Kopi
Kopi Kawa alias Teh Daun Kopi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiBDWk7dib7qMFvdxOaehwYG_yftKHuPOpKkLD868y-536PRG6tcYzTBa_tfRYoDJmhsWlEZuN9NbhKtXYHOAFDEQvfuIrHDohba4P5_H6tSHOuuXwTR_wEzEdI4GG-zOXN41g-rFmc5MEjfECVzUpgmvlGUGFxbNTFvU4W9tEg8VoxhLc3uzfIyxcZCQ/s16000/Q_1661308794620.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiBDWk7dib7qMFvdxOaehwYG_yftKHuPOpKkLD868y-536PRG6tcYzTBa_tfRYoDJmhsWlEZuN9NbhKtXYHOAFDEQvfuIrHDohba4P5_H6tSHOuuXwTR_wEzEdI4GG-zOXN41g-rFmc5MEjfECVzUpgmvlGUGFxbNTFvU4W9tEg8VoxhLc3uzfIyxcZCQ/s72-c/Q_1661308794620.jpg
tanjakNews.com
https://www.tanjaknews.com/2015/05/kopi-kawa-alias-teh-daun-kopi.html
https://www.tanjaknews.com/
https://www.tanjaknews.com/
https://www.tanjaknews.com/2015/05/kopi-kawa-alias-teh-daun-kopi.html
true
881158084939466902
UTF-8
Memuat Semua Artikel Cari Artikel lain Buka Klik Reply Cancel reply Delete - Home HALAMAN ARTIKEL Buka ARTIKEL MENARIK LAINNYA FOKUS FILE CARI SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content